• +62 813 6065 3135
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Api Perjuangan Cut Nyak Dhien

Peran dan keterlibatan perempuan indonesia dalam perjuangan melawan penjajahan tidak bisa dipandang sebelah mata. Dalam sejarah perang Aceh, yang berkobar antara tahun 1873 hingga 1904 misalnya, ada nama Cut Nyak Dhien, pahlawan perempuan nan tangguh, yang gema dan api perjuangannya terus dikagumi banyak kalangan hingga kini.

Profil Program

Melawan Lupa adalah sebuah program acara dokumenter di Metro TV yang mengulas berbagai peristiwa bersejarah yang turut membentuk mengenai sebuah entitas yang hari ini dikenal sebagai Indonesia. Tayangan ini, seperti judulnya, sedikit-banyak berupaya menjadi narasi tanding atas apa-apa yang selama ini mendefinisikan diri sebagai sejarah nasional Indonesia. Dengan menyajikan narasi-narasi kecil di balik peristiwa-peristiwa besar yang terjadi, Melawan Lupa ditujukan bagi siapa saja yang menolak lupa atas segala hal yang pernah terjadi dalam sejarah Indonesia.

Narasumber

Penghargaan dan Hak

Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh
Apresiasi sebesar-besarnya untuk Metro Tv yang telah mempublikasikan video dokumenter Melawan Lupa - Setelah Tsunami.
Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh

Hak & Hukum

Konten ini milik Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh, kecuali seluruh isi video dan teks kutipan merupakan milik Metro TV dengan judul Melawan Lupa - Api Perjuangan Cut Nyak Dhien, Licensi dibawah Creative Commons CC BY-SA 4.0

Referensi

Daftar Isi & Kandungan

Seri Informasi Aceh ini merupakan penerbitan ulang Seri Informasi Aceh tahun V Nomor 4 yang pertama kali diterbitkan oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh pada tahun 1981 dengan judul yang sama.

GERAKAN KEBUMIPUTERA

Mohd. Yunus gelar Bagindo, berasal dari Sumatera Barat, yang dengan surat keputusan Pemerintah Pusat tanggal 8 Januari 1929 nomor 3 dibuang ke Digul-Atas, tetapi dengan surat keputusan Pemerintah Pusat tanggal 14 April 1933 Nomor 2 telah dicabut hukumannya itu. Sejak permulaan bulan Juni 1933 ia tinggal di rumah mertuanya, Bagindo Enteng, di Kuala Simpang. Tanggal 3 Juni ia berangkat untuk beberapa waktu lamanya ke Langsa; di sana ia menginap pada seorang bernama Mohamad Husin, anggota pengurus perkumpulan Muhammadiyah. Ia juga telah mengunjungi makciknya yang bernama Sai, seorang penjahit di Langsa...

GERAKAN CINA

  1. Daerah Kebupatian Aceh Barat

Tanggal 25 Mei 1933 di Meulaboh telah di buka sekolah Cina “Pu Cheng”. Sekolah itu hanya mempunyai seorang tenaga pengajarnya bernama Tan Cin Liam.

  1. Daerah Kebupatian Aceh Timur

Pengurus perkumpulan “Chung Hwa” di Idi dalam bulan Juni terdiri dari :

Ketua : Lie Sie Fuk.

Sekretaris : Lay Nyuk Siang (sekretaris yang lalu, Sie Cuk Sam, telah berangkat ke Cina). Sekretaris sekolah rendah Tiong Hwa di Idi bernama Yeng Sen telah diberhentikan atas permintaannya sendiri dan diganti oleh Cang Kwie On, kerani toko “Fah Sin” di Idi.

GERAKAN-GERAKAN PEMBERONTAKAN, POLITIK PARA ULÈEBALANG, DAN KEGIATAN-KEGIATAN MILITER

Tanggal 30 Maret jam 7 pagi, seorang Aceh yang bersenjatakan parang telah menyerang brigade yang melindungi transpor gajah dekat kilometer 17 antara Tangse dan Lam Meulo. Penyerangnya ditembak mati. Sersan Eropah Vogelzan menderita luka-luka ringan. Dari penyelidikan ternyata bahwa serangan itu tidak berlatar belakang politik, akan tetapi merupakan sebagai apa yang disebut “pembunuhan-pembunuhan Aceh”.

PERKEBUNAN BUDIDAYA

Kuli kontrak di perkebunan Lhoksukon, Saimin, pada tanggal 6 Februari yang lalu telah mengancam mandornya dengan parang pada saat mandornya itu menegurnya tentang pekerjaannya. Untuk itu Saimin telah dihukum 7 hari kurungan oleh Pengadilan Magistrat.

Laporkan & Beri saran

Anda juga dapat melaporkan atau memberi saran tentang konten ini melalui fitur yang kami sediakan berikut. Masukan atau respon dari anda sangat dibutuhkan guna meningkatkan layanan prima kami. Terima Kasih
© 1977a - 2020 Pusat Dokumentasi & Informasi Aceh
Available Language