Memori Umum Daerah Aceh Oleh Gubernur H.N.A Swart dan Memori Serah Terima Jabatan Gubernur A.H. Philips

Memori Umum Daerah Aceh Oleh Gubernur H.N.A Swart dan Memori Serah Terima Jabatan Gubernur A.H. Philips

Jalan Damai Henri Nicolas Alfred Swart
Dengan menunjukkan sikap damai kepada para uleebalang serta penduduk, dengan mendekatkan mereka kedapa kita, dengan berdaya upaya lebih memahamimereka dan dengan melimpahkan serta menimbulkan kepercayaan pada mereka, maka berhasillah saya menciptakan suatu suasana, sehingga berangsur-angsur bangsa Aceh melupakan hal-hal yang pernah mereka derita itu, demikian rupa, tanpa perlu menimbulkan rasa bangga pada diri kita.

Seri Informasi Aceh XXXXll Nomor 1, 2019.

Sejak bertugas sebagai seorang pejabat pemerintah di dalam wilayah-wilayah Lhoknga, Pulo Raya, dan Lhokseumawe (1902-1905) Henri Nicolas Alfred Swart telah mempunyai suatu keyakinan yang tulus bahwa terhadap bangsa Aceh kita tidak boleh lebih lama lagi dan semata-mata hanya bertindak menghukum saja. Sebaliknya, kita harus pula berdaya upaya untuk memperoleh yang lebih banyak daripada menumpas setiap pemberontakan dan oleh karenanya cepat-cepat harus diusahakan untuk berangsur-angsur memajukan perkembangan ekonomi daerah dan bangsa itu. Ia berharap dengan segera di angkat dalam Jabatan Kepala Pemerintahan daerah, ia dapat mengambil langkah yang cepat pula.


Henri Nicolas Alfred Swart menjelaskan dalam laporan Departemen Dalam Negerinya bahwa Dalam kebanyakan buku yang ditulis di tahun-tahun belakangan ini mengenai daerah ini selalu dibicarakan agar setelah berlalu masa tugas saya itu hendaknya diadakan jabatan Gubernur Sipil, suatu gagasan yang diiyakan oleh seluruh pihak yang berkenaan dan agar di bawah Kepala Pemerintah Daerah Aceh harus pula ada sekelompok pegawai pemerintah yang terpilih. Kendatipun banyak orang yang sependapat dengan hal ini, namun saya tidak mempunyai sekelompok pegawai pemerintah yang terpilih; saya harus berdayung dengan dayung yang ada dan saya peroleh.

Ia menegaskan bahwa Seleksi pegawai pemerintah yang ditempatkan di daerah ini memang perlu dilakukan.

Singkat cerita, Edisi ini mampu memberikan informasi yang cukup memadai tentang perkembangan sosial, ekonomi politik dan perlawanan masyarakat Aceh terhadap Belanda pada rentang waktu 1902 sampai 1930-an

Daftar Isi & Kandungan

Seri Informasi Aceh ini merupakan penerbitan ulang Seri Informasi Aceh tahun III Nomor 6 yang pertama kali diterbitkan oleh Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh pada tahun 1979 dengan judul yang sama.

Memori Umum Mengenai daerah Gubernemen Aceh dan daerah Takluknya Oleh H.N.A. Swart

Sejak bertugas sebagai seorang pejabat pemerintah di dalam wilayah-wilayah Lhoknga, Pulo Raya, dan Lhokseumawe (1902-1905) saya telah mempunyai suatu keyakinan yang tulus bahwa terhadap bangsa Aceh kita tidak boleh lebih lama lagi dan semata-mata hanya bertindak menghukum saja. Sebaliknya, kita harus pula berdaya upaya untuk memperoleh yang lebih banyak daripada menumpas setiap pemberontakan dan oleh karenanya cepat-cepat harus diusahakan untuk berangsur-angsur memajukan perkembangan ekonomi daerah dan bangsa itu. Oleh karenanya saya telah berusaha menjelaskan kepada ulèebalang dan para penduduk bahwa mereka yang mengusahakan kembali pertaniannya dengan tentram atau hendak melakukan sesuatu usaha perkebunan boleh mengharapkan bantuan dan perlindungan saya yang sepenuhnya.

Memori Serah Terima A.H. Philips Gubernur Aceh dan Daerah Takluknya

Dengan surat keputusan Pemerintah Pusat tanggal 30 April 1926 Nomor 10 saya diangkat menjadi Asisten Residen yang diperbantukan pada Gubernur Aceh dan daerah takluknya dan pada tanggal 25 Juni berikutnya saya pun menjalankan tugas saya itu. Setelah menjabat pekerjaan itu selama hampir 3 tahun, suatu masa jabatan yang memberi kesempatan kepada saya untuk mengenal daerah dan bangsa serta berbagai masalah Aceh yang berhubungan dengan pelaksanaan pemerintahan, maka pada tanggal 5 Juni 1929 sebagai seorang asisten residen tertua saya menerima tugas pemerintahan daerah ini dari Gubernur O.M. Goedhart yang berangkat ke luar negeri untuk bercuti ke Eropa.

Laporkan & Beri saran

Anda juga dapat melaporkan atau memberi saran tentang konten ini melalui fitur yang kami sediakan berikut. Masukan atau respon dari anda sangat dibutuhkan guna meningkatkan layanan prima kami. Terima Kasih

Hak dan Undang-undang:

Konten kreatif ini milik Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh dengan judul “Memori Umum Daerah Aceh Oleh Gubernur H.N.A Swart dan Memori Serah Terima Jabatan Gubernur A.H. Philips”, kecuali sebagian atau seluruh isi yang disebutkan di dalam referensi merupakan milik “ ” atau pemiliknya yang terhormat. Dilicensekan di bawah Creative Commons CC BY-SA 4.0
Breaking News