• +62 813 6065 3135
  • Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Peringatan Haul Tuan di Kandang ke 814

Mari Kita Selamatkan !!!

Bukti-bukti peradaban islam di Aceh pada masa lalu

Pusat Dokumentasi dan Informasi Aceh ikut serta mendukung Yayasan Darud Donya dalam acara peringatan “Haul Tuan di Kandang”  di Mesjid Tuan di Kandang, kampung Pande, Banda Aceh,  pada hari Senin tanggal 22 April 2019. kegiatan yang dilaksanakan bertepatan dengan peringatan HUT ke-814 Kota Banda Aceh ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat umum, tetapi juga oleh peserta dari luar negeri yaitu utusan  penurus Dunia Melayu Dunia Islam, Universiti Teknologi Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Putra Malaysia, dan Universiti of Malaya. Beberapa lembaga advokasi dan pemerhati sejarah di Aceh juga ikut serta dalam kegiatan ini, yaitu  PuKAT ( Pusat Kebudayaan Aceh Turki),  Krông Aneuk Nangroe,  ALIF (Aceh Lamuri Foundation), PEUSABA (Peubeudoh Sejarah dan Budaya Aceh), dan SILA (Sejarah Indatu Lamuria Aceh).

 

Menurut Cut Putri, Ketua Yayasan DARUD DONYA, kegiatan haul ini diawali dengan kegiatan zikir dan doa bersama di Mesjid Tuan di Kandang yang dipimpin oleh Ustad Jamhuri Ramli dan dilanjutkan dengan uraian tentang peranan penting kampung Pande dalam sejarah Aceh khususnya dan dunia Melayu pada umumnya oleh Amir Hamzah dan President of Malay and Islamic World Organization/ Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) oleh Tan Sri Mohd. Ali Rustam. Selanjutnya, para perserta dan anggota panitia mengunjugi situs-situs sejarah ke Kompleks Makam Raja-Raja di kampung Pande. Kegiatan lain yang tak kalah pentingnya adalah kegiatan pembersihan situs dan penanaman bibit bakau dia areal kuburan-kuburan kuno di kampung Pande dan ditutup dengan kegiatan kunjungan TitiK Nol Banda Aceh yang meruapakan tonggak awal berdirinya kerajaan Aceh. 

Laporkan & Beri saran

Anda juga dapat melaporkan atau memberi saran tentang konten ini melalui fitur yang kami sediakan berikut. Masukan atau respon dari anda sangat dibutuhkan guna meningkatkan layanan prima kami. Terima Kasih
© 1977a - 2020 Pusat Dokumentasi & Informasi Aceh
Available Language